5 Lubang Terbesar di Dunia

1. Kimberley Diamond Mine
Tambang Berlian Kimberley terletak di Afrika Selatan. Tempat ini juga terkenal juga dengan sebutan Big Hole. Tambang berliang Kimberley merupakan lubang buatan tangan manusia terbesar di dunia. Dari tahun 1866 sampai 1914, sekitar 50.000 penambang menggalinya hanya menggunakan pacul dan sekop, dan menghasilkan 2.722 kg berlian.




2. Great Blue Hole
Great Blue Hole atau Lubang Biru Besar terdapat di perairang Belize. Lubang hisap bawah air ini mempunyai diameter 1000 kaki dan kedalaman 400 kaki. Lubang ini terbentuk pada saat jaman es.




3. Darvaza Gas Crater
Lubang gas alam ini mulai ditemukan para ahli geologi pada tahun 1971, ketika pada saat itu sedang menggali untuk mencari gas alam lalu secara tiba-tiba tanah galian yg ada dibawah nya amblas secara tiba-tiba, dan meninggalkan lubang yg sangat besar, guna menghindari gas beracun yg keluar dari lubang tersebut maka lubang tersebut dibakar, dan apinya masih menyala hingga saat ini.

Read more at
Ditemukan di Turkmenistan pada tahun 1971 oleh para geologis. Mereka menemukan deposit gas alam bawah tanah yang sangat besar di tempat itu, ketika sedang melakukan penggalian untuk mendapatkan gas, namun secara tiba-tiba tanah yang ada di bawahnya amblas dan meninggalkan lubang yang sangat besar. Untuk mencegah gas beracun keluar, maka lubang tersebut dibiarkan terbakar sampai sekarang.



4. Mirny Diamond Mine
Tambang Berlian Mirny terletak di Siberia. Memiliki kedalaman 525 m dan diameter 1.200 m. Tambang ini merupakan tambang berlian pertama dan terbesar di Uni Soviet. Saking besarnya, memerlukan waktu 2 jam untuk truk-truk melintas dari atas sampai dasar tambang. Namun kini telah ditinggalkan.




5. Diavik Mine
Terletak di Wilayah Barat Laut Kanada. Diavik Mine merupakan tambang berlian yang di buka pada tahun 2003. Tambang ini memproduksi 8 juta karat atau sekitar 1.600 kg berlian setiap tahunnya.




(dihimpun dari berbagi sumber)


Artikel Terkait:

0 komentar:

Posting Komentar

◄ Newer Post Older Post ►
 

Copyright 2012 Serba Ok Seo Elite by BLog BamZ | Blogger Templates