Makanan Terbaik untuk Otak


Kesehatan jasmani dipengaruhi oleh asupan makanan yang masuk ke tubuh kita. Tapi yang perlu diperhatikan adalah jenis makanannya dan ingat takarannya, jangan suka berlebih-lebihan.

Seperti kalau kita berlebihan memakan kentang goreng selain akan menyebabkan bertambahnya berat badan ternyata bisa berakibat buruk bagi otak yang bisa membuat seseorang terkena stroke lebih besar dikarenakan lemak jenuh kentang goreng bisa menyumbat arteri yang menuju otak

Di bawah ini ada beberapa bahan makanan yang direkomendasikan Mehmet C. Oz, M.D dan Michael F. Roizen, M.D. dalam buku mereka berjudul An Insider's Guide to the Body That Will Make You Healthier and Younger, seperti yang dikutip health.kompas (24/8/12).

1. Kacang-kacangan
Bahan makanan ini mengandung lemak tak jenuh tunggal yang menjaga arteri Anda tetap bersih. Serta menjaga kadar prekursor serotonin untuk memperbaiki suasana hati. Jumlah yang direkomendasikan adalah 1 ons sehari mengkonsumsi bahan makanan ini sudah cukup. Lebih dari itu baik, tetapi tetap berhati-hati akan kelebihan kalorinya.

2. Ikan
Ikan disini khususnya salmon, filapia, lele, atau mahi-mahi. Ikan-ikan. Ini mengandung asam lemak omega 3 yang baik untuk otak. Jumlah konsumsi ikan yang direkomendasikan adalah 3,5 ons seminggu atau tiga porsi seukuran kepalan tangan.

3. Kedelai
Bahan makanan ini kaya akan protein, serat dan lemak yang baik untuk tubuh dan otak. Konsumsi 1 cangkir sehari sudah cukup baik.

4. Jus tomat
Jus tomat memiliki kandungan folat, lycopen, dan zat gizi lainnya yang menjaga arteri tetap muda. Jumlah yang direkomendasikan sebanyak 8 ons sehari.

5. Minyak zaitun, minyak kacang-kacangan, minyak ikan, biji rami dan buah alpukat Bahan-bahan tersebut mengandung lemak tak jenuh tunggal yang menyehatkan jantung. Ingat, jantung sehat maka otak pun demikian. Rekomendasi yang terbaik adalah dengan mengkonsumsinya sebanyak 25 persen kalori harian dalam bentuk lemak sehat.

6. Cokelat murni
Cokelat yang asli akan meningkatkan pelepasan dopamin dan menyediakan flavonoid untuk arteri. Jumlah yang direkomendasikan sebanyak 1 ons sehari untuk menggantikan konsumsi cokelat susu. Selamat mencoba!


sumber: health.kompas


Artikel Terkait:

0 komentar:

Posting Komentar

◄ Newer Post Older Post ►
 

Copyright 2012 Serba Ok Seo Elite by BLog BamZ | Blogger Templates