5 Penemuan Tak Sengaja yang Mengubah Dunia

1. Penisilin

Sir Alexander Fleming merupakan ahli biologi yang brilian berasal dari Skotlandia. Dia menemukan Penisilin tidak sengaja ketika dia kembali dari liburan pada tahun 1928. Dia menemukan salah satu cawan percobaannya telah ditumbuhi jamur. 

Pada waktu itu dia sedang melakukan penelitian tentang bakteri yang dilemahkan atau yang disebut staphylococci atau stafilokokus.

Namun aneh, ia memerhatikan bahwa bakteri staphylococcus tak bisa berkembang di sekitar daerah yang ditumbuhi jamur tersebut. Berangkat dari penemuannya itu, ia mengembangkan anti bakteria yang ia namakan Penisilin, antibiotik pertama yang digunakan secara luas.


2. Karet Vulkanisir

Penemu benua Amerika, Cristopher Columbus, adalah orang pertama yang memperkenalkan bola karet dari Hindia Barat ke Eropa. Namun, bahan tersebut berbau sangit yang busuk, mengeras saat dingin dan terlalu lengket ketika hangat sehingga tidak bisa digunakan untuk tujuan-tujuan praktis.

Tiga ratus tahun kemudian Charles Goodyear mendirikan perusahaanya dan berusaha keras untuk menjadikannya bahan yang berguna. 

Dia berusaha hampir selama tujuh tahun, sehingga pada suatu hari pada tahun 1839 ia membersihkan kedua tangannya dari lumuran bubuk yang terdiri atas campuran karet dan belerang. Bubuk itu terjatuh dan masuk ke dalam sebuah tungku di atas api.

Ketika karet meleleh, ternyata bereaksi dengan bahan belerangnya. Inilah pertama kali karet atau ban karet tercipta. Pemanasan karet inilah yang menjadi kunci proses vulkanisir sekarang ini.

 
3. Sinar X Ray

Wilhelm C Rontgen, ahli ilmu fisika Jerman pada tahun 1895 sedang melakukan penelitian yang membawanya menemukan sinar yang bisa menembus benda-benda padat. 

Pada waktu itu dia sedang berusaha untuk bisa melihat sinar katode keluar dari sebuah tabung yang tertutup sebuah kertas karton hitam. 

Dia mencoba meletakkan berbagai beda di depan alat itu, tetapi yang mengejutkannya adalah ia malah melihat tulang-tulang di dalam tangannya sendiri.
Ia menyebut sinar yang bisa menembus itu dengan nama Z Ray atau yang kita kenal dengan sinar rontgen.


4. Coca Cola

Coca Coca adalah penemuan bahan makanan terkenal yang ditemukan tanpa sengaja. John Pemberton

Apoteker dari Atlanta waktu itu berusaha membuat obat sakit kepala, naum ternyata ia malah menghasilkan sebuah formula yang sampai sekarang masih menjadi rahasia. 

Setelah hampir 8 tahun, akhirnya minuman ini dibotolkan dan dikomersilan secara luas sampai saat ini.









5. Super Glue
Dr. Harry Coover menemukan super glue secara tidak sengaja ketika pada waktu itu para ilmuwan hanya memikirkan bagaimana cara membuat senjata yang lebih baik untuk perang. 

Dr. Harry ketika itu sedang bekerja dengan bahan Cyanoacrylate di laboratorium Eastman Kodak ketika ia membuat bahan yang terlalu lengket untuk digunakan. Dia melemparnya hingga menempel di tembok.

6 tahun kemudian, ia menemukan potensi yang tersembunyi dalam zat ini dan berhasil membuat Superglue. Nyawa para prajurit Amerika yang bertempur di Vietnam banyak yang terselamatkan karena zat ini setelah para petugas medis menyemprotkan zat ini ke luka mereka untuk mencegah pendarahan.


dari berbagai sumber









Artikel Terkait:

1 komentar:

Imron mengatakan...

Semoga di zaman modern ini juga banyak para penemu yang baru...

Posting Komentar

◄ Newer Post Older Post ►
 

Copyright 2012 Serba Ok Seo Elite by BLog BamZ | Blogger Templates