Belajar tidak semudah membalikan tangan. Banyak faktor yang mempengaruhi belajar siswa,
salah satunya yaitu pemilihan metode dalam kegiatan pembelajaran. Pembelajaran
merupakan kegiatan yang bertujuan, yang melibatkan aktivitas guru dan aktivitas
siswa. Untuk mencapai tujuan pembelajaran tersebut, diperlukan suatu metode
yang berfungsi sebagai alternative cara mencapai tujuan tersebut.
Komponen-komponen yang terdapat dalam
kurikulum adalah tujuan, materi pelajaran, metode dan evaluasi. Komponen-komponen
tersebut merupakan satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan. Dan salah satu
komponen yang dianggap penting dalam implementasi atau dalam proses
pembelajaran adalah metode pembelajaran.
Menurut Undang, dkk (1999:17) bahwa metode yang digunakan
guru dalam interaksi belajar mengajar merupakan salah satu faktor yang
menentukan keberhasilan dan kelancaran proses belajar mengajar.
Metode mengajar merupakan cara yang digunakan guru dalam
membelajarkan siswa agar terjadi interaksi dan proses belajar yang efektif
dalam pembelajaran. Setiap metode mengajar memiliki karakteristik yang
berbeda-beda dalam membentuk pengalaman belajar siswa, tetapi satu dengan yang
lainnya saling menunjang (Anitah,dkk,2007:5.17).
Prinsip-prinsip dalam Penggunaan Metode Mengajar
Ada beberapa
prinsip yang perlu diperhatikan dalam penggunaan metode metode mengajar.
Prinsip tersebut terutama berkaitan dengan faktor perkembangan kemampuan siswa.
1.
Metode
mengajar harus memungkinkan dapat membangkitkan rasa ingin tahu siswa lebih
jauh terhadap materi pelajaran (curiosity).
2.
Metode
mengajar harus memungkinkan dapat memberikan peluang untuk berinteraksi yang
kreatif dalam aspek seni.
3.
Metode
mengajar harus memugkinkan siswa belajar melalui pemecahan masalah.
4.
Metode
mengajar harus memungkinkan siswa untuk selalu ingin menguji kebenaran sesuatu.
5.
Metode
mengajar harus memungkinkan siswa untuk melakukan penemuan (inkuiri) terhadap
sesuatu topic masalah.
6.
Metode
mengajar harus memungkinkan siswa mampu menyimak
7.
Metode
mengajar harus memungkinkan siswa untuk belajar secara mandiri (independent
study).
8.
Metode
mengajar harus memungkinkan siswa untuk belajar secara bekerja sama
(cooperative learning).
9.
Metode
mengajar harus memungkinkan siswa untuk lebih termotivasi dalam belajarnya.
Faktor-faktor yang Perlu Diperhatikan dalam Pemilihan Metode Mengajar
1.
Tujuan
pembelajaran atau kompetensi siswa
2.
Karakteristik
bahan pelajaran/materi pelajaran
3.
Waktu
yang digunakan
4.
Faktor
siswa
5.
Fasilitas,
media, dan sumber belajar
Daftar Pustaka
Anitah, Sri,dkk.
(2007). Strategi
Pembelajaran di SD. Jakarta: Universitas Terbuka
0 komentar:
Posting Komentar